Djokovic Diprediksi Akan Mendominasi Turnamen Tenis Pria Tahun 2016

Djokovic Diprediksi Akan Mendominasi Turnamen Tenis Pria Tahun 2016 – Novak Djokovic diprediksi akan memenangkan keempat seri Grand Slam di tahun 2016 dan menyamai rekor Rod Laver yang telah berusia hampir setengah abad. Ramalan tersebut diutarakan olej Mats Wilander; pemenang 7 gelar juara turnamen besar tenis ini menjadi salah satu pendukung Djokovic untuk menyamai prestasi Rod Laver di tahun ini. Kegagalan melakukan hal tersebut di tahun lalu sepertinya akan menjadi motivasi tersendiri bagi petenis putra nomor satu dunia tersebut untuk melakukannya ti tahun ini. Tahun lalu Djokovic harus kalah pada pertandingan final Perancis Terbuka pada Stan Wawrinka; jika saja Djokovic memenangkan pertandingan tersebut maka ia dipastikan mencatat rekor sempurna 28 – 0 dan bukan 27 – 1. Djokovic berhasil memenangkan gelar juara Australia Terbuka, Wimbledon dan Amerika Terbuka. Rod Laver memenangkan musim Grand Slam di tahun 1969 atau 7 tahun setelah memenangkan seri Grand Slam untuk pertama kalinya.

Djokovic Diprediksi Akan Mendominasi Turnamen Tenis Pria Tahun 2016

Rod Laver menjadi satu – satunya petenis putra yang pernah memenangkan 4 gelar juara turnamen tenis Grand Slam dan tidak ada petenis putra lain yang mampu melakukannya sejak tahun 1969. Djokovic hampir mengulang prestasi tersebut setelah memenangkan 3 turnamen Grand Slam dua kali dalam 5 tahun terakhir. Petenis Roger Federer pernah memenangkan 3 turnamen Grand Slam dalam setahun sebanyak 3 kali pada tahun 2004, 2006, 2007; sedangkan Rafael Nadal melakukannya 1 kali pada tahun 2010. Petenis putri Serena Williams hampir melakukan sapu bersih seri Grand Slam di tahun lalu; namun harus mengaku kalah dari Roberta Vinci di semi final turnamen US Open.

Mats Wilander yang mendukung Djokovic memenangkan 4 gelar Grand Slam di musim ini juga pernah memenangkan 3 gelar Grand Slam dalam setahun pada tahun 1988. Wilander kalah pada semi final Perancis Terbuka sehingga gagal memenangkan keempat gelar Grand Slam pada tahun tersebut. Wilander mengakhiri karir tenis profesionalnya dengan 7 gelar juara Grand Slam; sama dengan John McEnroe dan 1 gelar lebih banyak dari Boris Becker dan Stefan Edberg. Satu hal yang menurut Wilander akan menjadi sangat istimewa jika Djokovic berhasil melakukan sapu bersih 4 gelar Grand Slam tahun ini adalah keberhasilan dirinya melakukan hal tersebut di salah satu era terbaik kompetisi tenis putra. Harus diakui bahwa kompetisi tenis putra saat ini sangat kompetitif. Mats Wilander menyebut keberhasilan Roger Federer memenangkan 3 gelar Grand Slam dalam setahun terjadi saat Djokovic dan Murray belum mencapai puncak penampilan mereka. Tahun lalu Djokovic sebenarnya menjalani tahun yang hebat; Wilander menyebut tidak ada petenis putra yang dapat mengancam atau mengintimidasi Djokovic. Hampir di setiap turnamen ia mampu mengalahkan pemain – pemain terbaik, melaju ke final dan menang.

Menengok Prestasi Djokovic Tahun Lalu Dan Target Tahun Ini

Keberhasilan Djokovic mencapai partai final di 15 turnamen terakhir yang ia ikuti menunjukkan konsistensi permainan dan juga kualitasnya sebagai seorang pemain tenis putra profesional. Ia mencatat hasil pertandingan 82 – 6 set atau rata – rata kemenangan sebanyak 0,932 di sepanjang musim lalu dan mencatat kemenangan di 31 set dan mencatat 5 set kalah melawan petenis putra lain di peringkat 10 besar. Keberhasilan Djokovic memenangkan turnamen akhir tahun ATP di London membuat dia mencatat 27 kemenangan dari 28 pertandingan.

Djokovic Diprediksi Akan Mendominasi Turnamen Tenis Pria Tahun 2016 yang di raihnya dengan keberhasilan Djokovic memenangkan 14 dari 18 partai final turnamen besar menunjukkan besarnya potensi pemain tenis tersebut untuk menjadi legenda tenis putra dunia. Kini Djokovic telah memiliki 10 gelar turnamen besar; hanya tertinggal 1 gelar dari Rod Laver dan Bjorn Borg pada saat Roger Federer dan Rafael Nadal mulai memasuki masa redup dengan kekuatan dan performa yang menurun. Pada usianya yang baru 28 tahun; Djokovic tengah memasuki masa emas sebagai pemain tenis dan masih terus mengembangkan permainannya. Sang pemain juga mengakui bahwa dirinya ingin memenangkan 4 gelar Grand Slam di tahun ini; namun ada gelar lain yang juga ingin ia raih. Djokovic mengaku ingin sekali memenangkan medali emas Olimpiade Rio 2016 mendatang. Jika kondisi fisiknya tidak mengalami masalah; maka memenuhi target tersebut sepertinya dapat diwujudkan Novak Djokovic.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *