Menyimak Peluang Belanda Pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 Di Rusia

Menyimak Peluang Belanda Pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 Di Rusia – Hasil kualifikasi piala dunia tentu saja menjadi informasi menarik bagi para penggemar sepakbola di seluruh dunia. Setelah terakhir kali digelar di Brazil tahun 2014 lalu; Piala Dunia selanjutnya akan berlangsung di Rusia pada tahun 2018 mendatang. Pertandingan kualifikasi bagi negara – negara yang akan mengikuti turnamen tersebut telah dimulai di beberapa konfederasi sepakbola dunia. AFC atau Asian Football Confederation telah memulai pertandingan kualifikasi Piala Dunia yang digabung dengan Piala Asia AFC; hal yang sama juga dilakukan oleh OFC atau Konfederasi Sepakbola Oceania. Konfederasi Sepakbola Afrika atau CA bersama dengan CONCACAF dan CONMEBOL di benua Amerika juga sudah memulai pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018. Sementara itu kualifikasi Piala Dunia 2018 yang dilakukan oleh UEFA baru akan dimulai setelah turnamen Piala Eropa 2016 di Perancis nanti.

Menyimak Peluang Belanda Pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 Di Rusia

Peluang Belanda Untuk Lolos Ke Piala Dunia 2018

Hasil kualifikasi Piala Eropa 2016 menghasilkan beberapa kejutan; salah satunya adalah kegagalan Belanda untuk lolos ke Perancis.Sebagai salah satu negara penghasil pemain – pemain hebat dunia dan juga pemenang ketiga Piala Dunia 2014; kegagalan Belanda di kualifikasi Piala Eropa merupakan kejutan besar. Arjen Robben dan kawan – kawan harus tersingkir dari Grup A yang meloloskan 3 tim; Republik Ceko dan Islandia lolos sebagai juara dan runner up grup sedangkan Turki lolos sebagai tim peringkat 3 terbaik sehingga terhindar dari babak play-off.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2018 nanti; Belanda akan berada di Grup A dan menjadi tim unggulan di grup tersebut bersama tuan rumah Piala Eropa 2016 yaitu Perancis. Kedua tim kuat tersebut akan bersaing dengan Swedia, Bulgaria, Belarusia dan Luxemburg. Juara grup akan otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia dan 8 runner up terbaik akan melakukan pertandingan play-off untuk memperebutkan 4 tempat tersisa dari UEFA. Untuk memastikan diri lolos dari Grup A; Belanda harus menjadi tim terbaik atau setidaknya menjadi salah satu dari 8 runner up terbaik serta memastikan menang pada pertandingan play-off.

Kesalahan Belanda Yang Tidak Boleh Terulang Di Kualifikasi Piala Dunia 2018

Tim nasional Belanda hingga kini masih menjadi tanggung jawab dari Danny Blind. Blind meneruskan tugas Guus Hiddink yang menggantikan Louis Van Gaal yang mengundurkan diri setelah sukses membawa Belanda menjadi tim peringkat 3 Piala Dunia 2014 lalu. Masa suram sepakbola Belanda pernah terjadi pada rentang waktu 1982 hingga 1986. Pada waktu itu Belanda tidak lolos kualifikasi Piala Dunia 1982 dan 1986 serta Piala Eropa 1984. Rinus Michels menjadi manajer yang membawa kebangkitan Belanda saat membawa Marco van Basten, Rudd Gullit dan kawan – kawan menjadi juara Piala Eropa 1988.

Danny Blind dan seluruh staf kepelatihan serta pemain Belanda harus berbenah dengan cepat jika tidak ingin mengalami masa suram yang sama setelah gagal berangkat ke Perancis. Rumor mengenai penggantian manajer sempat beredar; nama Ronald Koeman yang kini menjadi manajer klub Inggris Southampton disebut – sebut menjadi sosok yang cocok untuk menangani tim nasional Belanda agar kembali bangkit.

Kritik Marco van Basten Pada Tim Nasional Belanda

Belanda memang mengalami masa suram meski memiliki banyak bakat hebat di lapangan hijau. Satu hal yang sempat disebut – sebut Marco van Basten sebagai kesalahan Belanda adalah munculnya generasi pemain sepakbola yang tidak memiliki kemampuan – kemampuan khusus. Daley Blind yang dianggap sebagai pemain yang mewakili karakter pemain Belanda di generasi sekarang merupakan pemain serba bisa dan mampu dimainkan di beberapa posisi; namun oleh Marco van Basten disebut tidak pernah menjadi pemain terbaik di posisi tertentu.

Menyimak Peluang Belanda Pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 Di Rusia – Hal tersebut sepertinya disadari oleh Louis van Gaal sehingga memilih beberapa pemain yang mungkin dianggap kurang baik seperti Ron Vlaar dan Stefan de Vrij. Kedua pemain tersebut dianggap lemah dari segi teknis; namun memiliki keunggulan dari segi fisik. Van Gaal berhasil memadukan pemain yang mengutamakan kekuatan fisik dan pemain dengan kemampuan teknis bagus guna membentuk tim yang lebih ideal. Sesuatu yang dilupakan oleh Guus Hiddink serta Danny Blind sehingga gagal memperbaiki performa tim Belanda selama kualifikasi Piala Eropa. Kiprah Belanda setelah tidak tampil di Piala Eropa 2016 menjadi hal yang ditunggu – tunggu para penggemar sepakbola di seluruh dunia; terutama terkait dengan hasil kualifikasi piala dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *