Seputar Turnamen Australia Terbuka 2016

 

 

Seputar Turnamen Australia Terbuka 2016 – Turnamen Australia Terbuka 2016 untuk tahun ini akan diadakan pada tanggal 18 – 31 Januari 2016. Turnamen tahunan ini akan mempertemukan para petenis tingkat dunia untuk saling memperebutkan gelar juara. Sejak tahun 1905, Turnamen Australia Terbuka ini sudah menjadi saksi para legenda dunia tenis memperlihatkan kemampuan terbaik mereka. Ajang ini akan dilaksanakan di kota Melbourne sebagaimana turnamen terdahulunya. Para petenis ternama pun mulai bersiap untuk menghadapi turnamen dengan melakukan berbagai pertandingan pemanasan. Seperti halnya petenis peringkat  2 dunia, Andy Murray, yang sedang mengikuti kejuaraan Piala Hopman 2016 dari tanggal 3 – 9 Januari, sebelum nantinya bertarung di Turnamen Australia Terbuka akhir Januari ini.

Seputar Turnamen Australia Terbuka 2016

Absennya para petenis unggulan

Namun hal berbeda nampaknya akan terjadi pada Turnamen Australia Terbuka tahun ini. Akan ada beberapa nama petenis dunia yang absen dan tidak dapat bertanding di turnamen tersebut. Cedera menjadi momok utama dari absennya para petenis ini. Sebut saja Serena Williams. petenis wanita ini harus rela tidak bisa menunjukkan kehebatannya di lapangan. Bahkan di awal tahun ini, ia tidak bisa turun bertanding di kejuaraan Piala Hopman karena cedera lutut yang mendera. Petenis yang menduduki peringkat 1 dunia ini mengalami inflamasi pada bagian lutut kiri yang memaksanya harus beristirahat dari beberapa turnamen penting.

Luca Safarova, petenis peringkat 9 dunia yang juga terancam tidak dapat turun di lapangan Turnamen Australia Terbuka. Petenis ini terkena infeksi bakteri yang membuat kesehatannya menurun dan bisa mempengaruhi performa permainnya kelak. Selain Luca dan Serena, nama petenis top lainnya yang tidak bisa mengikuti Turnamen Australia Terbuka adalah Simona Halep yang menderita cedera otot, Maria Sharapova yang terkena cedera lengan dan Garbine Murguruza yang terkena cedera kaki.

Hadiah Turnamen Australia Terbuka 2016

Kabar terbaru dari Turnamen Australia Terbuka 2016 adalah kenaikan jumlah hadiah bagi pemenangnya. Peningkatan jumlah hadiah sekitar 10% dari jumlah hadiah turnamen tahun sebelumnya. Jadi, total hadiah Turnamen Australia Terbuka tahun ini mencapai sekitar $ 44 juta atau sekitar 44 miliar. Jumlah yang cukup fantastis namun terbilang sepadan dengan perjuangan untuk mendapatkannya. Kenaikan jumlah hadiah ini juga disambut gembira oleh para peserta turnamen. Bahkan menurut salah satu petenis Australia, jumlah tersebut sangat sesuai dengan perjuangan keras yang mereka lalui. Selain itu besarnya hadiah juga menjadi penghargaan tersendiri sebagai pemain tenis terbaik di turnamen tersebut.

Fakta-fakta unik tentang Seputar Turnamen Australia Terbuka 2016

Sebagai ajang tenis para pemain top dunia, Turnamen Australia Terbuka memiliki sejarah yang cukup panjang. Turnamen ini sendiri sudah berlangsung selama 111 tahun, jika dihitung dengan tahun ini, dengan banyaknya pemain legenda yang silih berganti bermunculan. Berikut ini adalah beberapa fakta unik yang berkaitan dengan Turnamen Australia Terbuka :

  • Diadakan di lapangan kriket

Di awal kemunculan turnamen ini sempat tidak memiliki lokasi khusus untuk menggelar pertandingannya. Sebelumnya turnamen ini disebut sebagai Australia Championship dan diadakan di lokasi yang berbeda-beda, bergiliran di seluruh kota Australia. Sempat juga diadakan di Selandia Baru. Kemudian baru di tahun 1987 turnamen ini rutin diadakan di Melbourne. Pertandingan pertama turnamen ini berlangsung di lapangan kriket dan tanpa ada peserta pemain dari luar Australia

  • Bermula di lapangan rumput

Turnamen ini sebelumnya diadakan di lapangan rumput untuk beberapa lama. Baru di tahun 1988 turnamen dialihkan ke lapangan keras. Pergantian lapangan ini juga cukup berpengaruh dengan performa pemainnya. Dominasi pemain pun berubah seiring dengan perubahan tempat. Hanya ada seorang petenis saja yang tercatat mampu memenangkan pertandingan baik di lapangan rumput maupun di lapangan keras

  • Diadakan di berbagai tempat di Australia dan Selandia Baru

Dulunya turnamen ini sering berganti lokasi pertandingan. Hampir seluruh kota di Australia dan Selandia Baru tercatat pernah mengadakan turnamen ini. Kemudian baru di tahun 1972, Federasi Tenis Australia menetapkan tempat permenan untuk turnamen ini. Begitu pula dengan waktu pertandingan yang sempat tidak konsisten. Dulunya turnamen diadakan setiap tahun di bulan yang berbeda, namun pada 1977 turnamen ini diagendakan berlangsung setiap tahunnya di bulan Januari

  • Potensi dehidarsi

Bulan Januari merupakan bulan musim panas di Australia sehingga para peserta bisa berpotensi mengalami dehidrasi. Terlebih suhu musim panas di negara tersebut yang bisa mencapi 45°C. Karenanya diadakanlah aturan kebijakan panas ekstrim yang membolehkan wasit untuk menghentikan pertandingan saat suhu udara sangat tinggi. Hal tersebut pastinya juga akan terjadi di Turnamen Australia Terbuka 2016.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *